Tips Berkendara Aman dan Nyaman di Saat New Normal – Portal Industri Otomotif Indonesia News, Manufaktur, & Gaya Hidup Terkini


Kesirep Saat Nyetir Fatal Akibatnya, Cermati Penyebabnya

Tips Berkendara Aman dan Nyaman di Saat New Normal

Ilustrasi, mengemudi mobil di jalan tol – dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Indonesia kini berada di masa transisi menuju tatanan kenormalan baru dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di tengah wabah virus corona yang belum bisa dipastikan apakah telah berakhir atau belum. Dalam tatanan yang dinamai new normal ini masyarakat diwajibkan untuk memenuhi kaidah-kaidah atau protokol kesehatan sebagai cara hidup sehat untuk menghindari kembalinya paparan virus mematikan.

Begitu pun dalam berkendara, juga perlu diperhatikan cara-cara yang aman dari potensi paparan virus. Namun, tetap harus nyaman bagi pengemudi maupun penumpang.

Kenyamanan tak hanya sebatas mengatur jarak yang aman tetapi tetap leluasa saja, namun juga harus dipersiapkan kondisi kendaraan maupun berbagai hal termasuk dokumen-dokumen yang disyaratkan secara wajib untuk berkendara di jalan. Begitu pula aspek keamanan, tata cara dan perlengkapan yang wajib digunakan harus dipenuhi.

Ilustrasi mengemudi mobil – dok.Carsip.com

Terkait dengan hal ini, Aftersales Division Head Auto2000, Ricky Martawijaya, memberikan tips. Berikut, beberapa hal yang perlu diperhatikan maupun dijalankan menurut Ricky.

Persiapan
Ricky menyarankan agar mobil dicuci hingga bersih sebelum beraktivitas dan bagian yang sering mendapatkan kontak fisik diperhatikan lebih jauh, seperti seluruh hendel pintu dan tutup tangki bensin. Pastikan panel pintu, setir, tuas transmisi, tuas rem parkir, arm rest, hingga kontrol AC dan audio dalam kondisi bersih.

Periksa tekanan angin ban dan pastikan tidak ada tetesan cairan yang menandakan kebocoran oli. Pastikan pula karet wiper dan tidak ada kotoran yang bisa sebabkan baret di kaca, hingga kondisi cairan radiator.

Ilustrasi pengecekan tekanan angin ban – dok.Thought.co

Begitu pun dengan instrumen mobil seperti lampu, klakson, tuas transmisi, rem parkir, kontrol audio dan AC, serta pedal-pedal di bawah dashboard berfungsi dengan baik.

“Pastikan kondisi AutoFamily Sehat dan Aman saat berkendara di fase transisi dan new normal ini. Untuk memastikan keamanan kendaraan agar tetap prima, AutoFamily dapat melakukan servis berkala di bengkel Auto2000 terdekat,” ujar Ricky.

Saat mengemudi
Sebelum mengemudi, pastikan mengenakan sabuk pengaman dan menguncinya dengan tepat. Kemudian atur posisi duduk senyaman mungkin agar sesuai dan memenuhi prinsip safety driving. Sesuaikan juga posisi dan sudut pandang kaca spion agar lebih optimal dalam memantau area sekitar mobil.

Siapkan kebutuhan perjalanan artu pembayaran tol dan pastikan saldonya memadai. Periksa pula dokumen kendaraan seperti STNK dan SIM A agar tidak tertinggal di rumah.

Ilustrasi, SIM, STNK, dan BPKB – dok.Motoris

Seiring dengan ketentuan bahwa mobil hanya boleh diisi penuh oleh penumpang dengan syarat seluruhnya berasal dari 1 alamat yang sama, jangan lupa membawa fotokopi kartu keluarga (KK) dan KTP seluruh penumpang. Jika tidak serumah, hanya boleh diisi maksimal 50% saja.

Taat aturan
Patuhi aturan lalu lintas, dan jangan melanggar aturan meski pengguna jalan lain melakukannya. Jaga emosi dan jangan mudah terpancing jika ada pengguna jalan lain melakukan manuver agresif seperti memotong lajur tiba-tiba.

Ilustrasi, peringatan tentang kawasan pemberlakuan tilang elektronik di Jakarta – dok.Motoris

Fokus pada mengemudi dan jangan teralihkan pada hal tidak penting seperti mengambil barang jatuh atau sibuk dengan ponsel yang bisa mendistraksi perhatian ke jalan. Lengah sepersekian detik sangat berpotensi menyebabkan kecelakaan, seperti menabrak mobil di depan karena melihat layar ponsel.(Fan/Ara)

 

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More From: GAYA HIDUP

DON'T MISS