Thaco, Konglomerat Lokal Penguasa Pasar Mobil Vietnam – Portal Industri Otomotif Indonesia News, Manufaktur, & Gaya Hidup Terkini


Thaco, Konglomerat Lokal Penguasa Pasar Mobil Vietnam

Thaco, Konglomerat Lokal Penguasa Pasar Mobil Vietnam

Ilustrasi, perakitan mobil Mazda yang dilakukan di pabrik milik Thaco – dok.VietnamNet News

Ho Chi Min, Motoris – Nama Truong Hai Auto (Thaco) sangat disegani di Vietnam, karena tak hanya memiliki lini usaha pertanian, konstruksi dan investasi, logistik, perdagangan serta jasa layanan, tetapi juga produksi perakitan plus penjualan mobil. Bahkan, dalam penjualan mobil (termasuk kendaraan komersial), konglomerasi lokal ini menguasai pasar.

Seperti dilaporkan Vietnam Express dan Times of Vietnam, Sabtu (12/9/2020) lalu, Asosiasi Produsen Mobil Vietnam (VAMA) menyebut, sepanjang Januari hingga Agustus kemarin, penjualan mobil di Vetnam tercatat sebanyak 151.903 unit. Dari jumlah itu, 109.694 unit di antaranya merupakan kendaraan komersial dan kendaraan untuk tujuan khusus.

Sementara, total penjualan Thaco di kurun waktu ini tercatat sebanyak 49.940 unit. Mobil yang dirakit dan dijual Thaco di lokal Vietnam adalah Hyundia, Kia, Mazda, dan Peugeot.

Jumlah penjualan yang dibukukan Thaco ini meski merosot 16% dibanding delapan pertama tahun lalu, namun masih menguasai pasar hingga 34,3%. Grup ini mengungguli penjualan yang dicatatkan oleh Agen Pemegang Merek (APM) Toyota dan kawan-kawan.

Mobil Kia yang dirakit di Vietnam oleh Thaco-dok.Peoples Army Newspaper

Pasalnya, di periode tersebut Toyota Vietnam hanya membukukan penjualan sebanyak 34.743 unit, dan Honda cuma 14.850 unit. Angka keduanya sama-sama turun 30%.

Sedangkan Mitsubishi Motors di Negeri Paman Ho itu berada di urutan keempat. Adapun Ford bercokol di urutan kelima.

Mencorongnya penjualan mobil-mobil yang dijajakan Thaco juga tak lepas dari kebijakan pemerintah Vietnam. Pada 28 Juni, pemerintah memotong setengah biaya registrasi (dan pajak) kendaraan buatan lokal, untuk mendorong penjualan di tengah pandemic Covid-19. Kebijakan tersebut berlaku hingga akhir tahun ini.

Kembali ke Thaco, dia adalah perusahaan asli Vietnam yang didirikan pada tanggal 29 April 1997 oleh Tran Ba Duong. Sebagai salah satu produsen mobil terkemuka dan terbesar di Vietnam, Thaco memiliki mata rantai industri mobil dari A hingga Z.

Ilustrasi, bus rakitan Thaco di Vietnam – dok.ETS2 Mods

Thaco memiliki R&D produk, manufaktur suku cadang mobil, perakitan mobil, penjualan dan distribusi, bahkan pergudangan, hingga pembiayaan pembelian mobil. Kendaraan yang dijualnya bukan hanya mobil penumpang, tetapi juga truk dan bus, bahkan kendaraan untuk tujuan khusus, mulai dari segmen kelas menengah hingga mewah. (Fer/Ara)

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

You may also like

More From: MANUFAKTUR

DON'T MISS