SUV Suzuki Rasa Toyota RAV4, Across Segera Diluncurkan – Portal Industri Otomotif Indonesia News, Manufaktur, & Gaya Hidup Terkini


SUV Suzuki Rasa Toyota RAV4, Across Segera Diluncurkan

SUV Suzuki Rasa Toyota RAV4, Across Segera Diluncurkan

Suzuki Across, SUV Suzuki yang menggunakan basis Toyota RAV4 – dok.Autocar

London, Motoris – Setelah sebelumnya menjadi topik pembicaraan kalangan ramai dunia pecinta otomotif, Suzuki Motors akhirnya membuka selubung SUV anyarnya yang menggunakan basis Toyota RAV4, yakni Suzuki Across. Seperti diketahui Suzuki Motors Corporation dan Toyota Motor Corporation sebelumnya telah menjalin kerjasama, salah satunya dalam pengembangan model baru.

Seperti dilaporkan laman Autocar dan Cars UK, Rabu (1/7/2020) meski menggunakan basis Toyota RAV4 termasuk sebagian besar panel bodinya, namun gaya desain Across lebih menyerupai gaya desain crossover Toyota Corolla Cross. Sekadar catatan, Toyota Corolla Cross itu kabarnya akan segera dijual di pasar ASEAN.

Adapun, Suzuki Across disebut-sebut mulai dijajakan ke pasar global, dan khususnya Eropa dalam beberapa bulan lagi. Secara dimensi ukuran, Suzuki Across juga sangat mirip dengan Toyota RAV4.

Panjangnya 4.635 milimeter (mm), lebar 1.855mm, tinggi 1.690mm, dan memiliki wheelbase sepanjang 2.690mm. Model ini menggunakan formasi tempat duduk lima kursi dengan ruang bagasi berkapasitas 490 liter.

Interior Suzuki Across – dok.Autocar

Sumber tenaganya pun mirip dengan RAV4 Plug-in Hybrid baru yakni paduan antara mesin bensin 2.5 liter dengan sepasang motor listrik. Meski soal semburan tenaga hingga kini belum dikonfirmasi, namun data menunjukkan, semburan tenaga dari motor listrik di gandar depan mencapai 182 hp dengan torsi 270 Nm, dan di belakang 54 hp dengan torsi 121 Nm.

SUV yang disebut mampu melesat hingga 180 kilometer per jam ini menggunakan sistem penggerak All-wheel drive berasal dari sistem 4×4 elektronik E-Four Suzuki. Ada empat mode mengemudi yang ditawarkan yakni mode EV untuk mengemudi murni-listrik.

Kemudian mode Auto EV/HV dan HV yang memungkinkan motor bensin untuk sesekali menambah daya. Sedangkan mode HV mesin konvensional pengisi daya baterai. Dan terakhir mode konvensional yang menggunakan mesin bensin secara eksklusif.

Bagasi Suzuki Across – dok.Autocar

Hanya, hingga kini belum ada informasi soal harga dan wilayah di luar Eropa yang bakal dibidik Suzuki. Namun, yang pasti, seperti dilaporkan laman Cars UK sebelumnya, dengan produk itu, Suzuki ibarat mendapat “durian runtuh”.

Pasalnya, pabrikan berlambang huruf “S” ini tak perlu repot dan merogoh kantong dalam-dalam untuk pengembangan SUV yang ditempatkan di atas Suzuki SX-4 S Cross itu dalam waktu yang sangat dekat guna memenuhi standar emisi di Eropa. Suzuki juga menambah portofolio produknya lebih bervariasi dengan segmen pasar yang menjadi bidikan lebih luas.

Tampang Suzuki Across – dok.Autocar

Dengan kerjasama ini, Suzuki bisa memanfaatkan teknologi hybrid Toyota yang diakui keunggulannya. Sedangkan Toyota memetik keuntungan dengan memanfaatkan keunggulan Suzuki dalam hal memproduksi mobil kecil untuk memperluas bidikan pasar terutama di Asia, khususnya India.

Sebagai informasi tambahan, fitur yang disematkan ke Across merupakan fitur terkini baik dalam menunjang kenyamanan maupun keamanan. Di antaranya, Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA) dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), yang menggunakan radar gelombang milimeter dan kamera monokuler (Fan/Ara)

 

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

You may also like

More From: NEWS

DON'T MISS