Sektor Otomotif Ambles, Pendapatan Astra Semester I Merosot 23% – Portal Industri Otomotif Indonesia News, Manufaktur, & Gaya Hidup Terkini


Tujuh Bulan Berlalu, Penjualan Daihatsu Masih Lesu

Sektor Otomotif Ambles, Pendapatan Astra Semester I Merosot 23%

Ilustrasi, Daihatsu Xenia – dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Astra International Tbk atau Grup Astra sepanjang Januari – Juni atau semester pertama tahun ini membukukan pendapatan bersih Rp 89,8 triliun. Total nilai pendapatan tersebut merosot 23% dibanding paruh pertama tahun 2019.

Seperti diungkapkan Presiden Direktur Astra, Djony Bunarto Tjondro dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (29/7/2020), pendapatan grup se sepanjang semester pertama tahun 2019 tercatat masih sebesar Rp 116,2 triliun. “Pendapatan bersi semester pertama tahun ini menurun 23% dibanding periode sama tahun lalu. Penurunan tersebut akibat pandemic Covid-19 yang mulai terjadi pertengahan Maret lalu,” papar Djony.

Dia menyebut laba bersih yang berhasil dikantongi – termasuk dari penjualan saham Astra di Bank Permata – di enam bulan pertama tahun ini tercatat mencapai Rp 11,4 triliun. Nilai ini naik 16% dibanding laba bersih yang diperoleh selama Januari – Juni 2019 yang senilai Rp 9,8 triliun.

Tetapi, jika nilai penjualan saham di Bank Permata tidak dimasukkan, maka laba bersih yang didapatkan Astra hanya Rp 5,5 triliun. Nilai tersebut merosot 44% dibanding laba bersih selama semester satu 2019. Bahkan, laba bersih dari divisi otomotif yang dikantongi grup ini ambrol 79% dari Rp 3,4 triliun di semster pertama 2019, menjadi Rp 716 miliar di semster pertama tahun ini.

Ilustrasi, Toyota Agya terbaru, bekasnya saat ini banyak diminati caln pembeli mobil bekas di Jakarta,- dok.Istimewa

Penurunan pendapatan bersih dan laba dikarenakan kinerja divisi otomotof, alat berat, pertambangan, dan jasa keuangan yang menurun. Maklum, penjualan kendaraan bermotor – khususnya mobil – di paruh pertama tahun ini secara umum juga ambles dibanding tahun lalu.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor menunjukkan, di enam bulan itu total penjualan mobil secara total (seluruh merek) di Tanah Air, ke konsumen (ritel) sebanyak 290.597 unit.

Jumlah itu ambrol 42,1% dibanding total penjualan ritel selama semester I 2019 yang sebanyak 501.708 unit. Sementara, penjualan ke diler (wholesales) di kurun waktu yang sama, tercatat sebanyak 260.933 unit. Jumlah tersebut ambrol 46% dibanding penjualan selama semester I 2019 yang sebanyak 463.648 unit.

Kantor PT Astra International-dok.astra.co.id

Adapun penjualan ritel merek-merek di bawah naungan grup Astra ( Toyota, Daihatsu, Isuzu, dan Peugeot) pada periode Januari – Juni, sebagian masih membukukan penurunan. Toyota selama enam bulan membukukan penjualan ritel sebanyak 92.965 unit dengan pangsa pasar 32% dari total penjualan ritel nasional, namun masih ambles 40,7% dibanding paruh pertama 2019.

Daihatsu sebanyak 53.577 unit dengan pangsa pasar 18,4%. Jumlah penjualan Daihatsu ini masih ambles 39,1% dibanding semester pertama 2019. Isuzu di saat yang sama membukukan penjualan ritel sebanyak 7.818 unit atau 2,7% dari total penjualan ritel secara nasional atau merosot 29,6% dibanding enam bulan pertama 2019.

Sedangkan Astra Peugeot, mengklaim telah menjual sebanyak 129 unit mobil selama kurun waktu enam bulan pertama itu. Dan jumlah ini naik 187% dibanding semester pertama 2019.

Namun, divisi otomotif Grup Astra bukan hanya dari kendaraan roda empat, tetapi juga roda dua. Kendaraan bermotor roda dua diproduksi sekaligus didistribusikan oleh PT Astra Honda Motor (AHM).

Ilustrasi, proses produksi Honda Vario di pabrik PT Astra Honda Motor – dok.AHM

Data yang dihimpun Kementerian Perindustrian menunjukkan, di paruh pertama tahun ini total penjualan sepeda motor (seluruh merek) ambrol 42%, dan PT AHM hingga kini masih tercatat sebagai penggenggam porsi terbesar dari pasar.(Ril/Ara)

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

You may also like

More From: MANUFAKTUR

DON'T MISS