Segini Penjualan Kia dan Hyundai di RI selama Januari – Juni – Portal Industri Otomotif Indonesia News, Manufaktur, & Gaya Hidup Terkini


Kia Seltos Sudah Siap Gempur HR-V dan Sebangsanya

Segini Penjualan Kia dan Hyundai di RI selama Januari – Juni

Kia Seltos, salah satu model buatan Kia Motors yang juga dijajakan di Indonesia – dok.Autoblog

Jakarta, Motoris – Dua pabrikan asal Korea Selatan yang juga satu induk perusahaan Hyundai Motor Group, yakni Kia Motors Corp dan Hyundai Moto Company sepanjang Januari – Juni, membukukan penjualan ke konsumen (ritel) sebanyak 950 unit kendaraan. Jumlah itu terdiri dari penjualan Kia yang dipasarkan PT Kia Indo Artha sebanyak 271 unit dan Hyundai yang dijual oleh PT Hyundai Mobil Indonesia sebanyak 352 unit.

Data yang dihimpun oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di semester pertama tersebut penjualan Kia tidak bisa dibandingkan dengan periode sama tahun 2019. Pasalnya, PT Kreta Indo Artha (KIA) yang merupakan perusahaan baru (di bawah payung Indomobil Group), mulai menjajakan mobil-mobil Kia akhir tahun 2019.

Penjualan Kia di Tanah Air selama enam bulan pertama itu dibukukan dari penjualan sepanjang Januari sebanyak 5 unit, Februari 76 unit, Maret 62 unit, April 61 unit, Mei 40 unit, dan Juni 27 unit. Artinya, tren kinerja penjualan kendaraan kia di Indonesia terus merosot.

Kia Big Up, kendaraan komersial Kia yang juga dijual di Indonesia – dok.Motoris

Sementara, data yang sama menunjukkan, penjualan Hyundai pada enam bulan pertama tahun ini ambrol 48,2% dibanding kurun waktu yang sama tahun 2019. Pada Januari – Juni 2019, penjualan merek ini masih sebanyak 679 unit.

Hampir seperti Kia, penjualan Hyundai juga terus menurun, meski di Mei ke Junit mengalami lonajakan yang sangat signifikan hingga 207%. Sebab di Mei penjualan yang dibukukannya hanya 14 unit, kemudian di Juni menjadi 43 unit.

Total penjulan Hyundai selama satu semester pertama di tahun ini berasal dari penjualan sepanjang Januari yang sebanyak 114 unit, Februari 103 unit, dan Maret 45 unit. Kemudian dari April sebanyak 33 unit, Mei 14 unit, serta Juni sebanyak 43 unit.

Crossover Hyundai Kona yang dipasarkan di Indonesia – dok.Motoris

Data Gaikindo juga menunjukkan, penjualan ke diler (wholesales) model-model kendaraan Hyundai di paruh pertama tahun ini didominasi oleh MPV Hyundai H-1/Starex, dengan jumlah 137 unit. Kemudian setelah itu SUV Hyundai Santa Fe 69 unit, Hyundai Tucson 33 unit, pikap Htundai H-100 sebanyak 23 unit, sedan listrik Hyundai Ioniq 22 unit, Hyundai Kona 12 unt, dan Hyundai Grand i10 sebanyak 1 unit.

Adapun wholessales Kia terbanyak dibukukan oleh SUV Kia Seltos. Mobil yang diimpor secara utuh dari India ini terjual ke diler sebanyak 245 unit, setelah itu Kia Big-up 50 unit, disusul Kia Picanto 15 unit,  dan Kia Rio 11 unit. (Fer/Ara)

 

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

You may also like

More From: MANUFAKTUR

DON'T MISS