Rawan Terbakar, Hyundai Recall 180.000 Unit SUV Tucson – Portal Industri Otomotif Indonesia News, Manufaktur, & Gaya Hidup Terkini


Hyundai Tucson Baru, Sudah Lebih Baik Tapi Perlu Perbaikan

Rawan Terbakar, Hyundai Recall 180.000 Unit SUV Tucson

Hyundai Tucson model 2019 – dok. The Car Connection

Washington, Motoris – Hyundai Motor di Amerika Serikat mengumumkan penarikan 180.000 unit SUV Hyundai Tucson model tahun 2019 – 202, karena papan modul kelistrikan perangkat Antilock Braking System (ABS) mobil itu rawan korsleting sehingga memicu terjadinya kebakaran. Terlebih, korsleting itu bisa terjadi walau mesin mobil dalam kondisi mati sekali pun.

Seperti dilaporkan laman CNET dan ABC News, Sabtu (12/9/2020), dalam pernyataannya Hyundai mengakui sisa material (atau residu) dari hasil penolderan di modul tersebut tak terbuang. Walhasil, residu yang menumpuk tersebut memicu terjadinya korsleting, terutama di saat udara panas atau lembab.

Indikasi korsleting itu terlihat dari asap yang keluar dari kompartemen mesin. Selain itu menyebar bau terbakar, atau dari lampu ABS di dasbor yang tiba-tiba menyala, meski mesin mobil dalam kondisi tidak aktif atau mati.

Interior Hyundai Tucson 2020 – dok.CarBuzz

Hyundai mengakui ada kasus kebakaran yang terjadi akibat kasus itu. Hanya saja, pabrikan asal Korea Selatan ini tidak mengungkapkan berapa kali kasus kebakaran yang telah terjadi selama ini.

Produsen mobil itu mencatat bahwa mereka mengetahui kebakaran terkait dengan penarikan itu tetapi tidak mengungkapkan berapa banyak.
Namun yang pasti, penarikan atau recall mobil terkait modul kelistrikan ABS kali ini merupakan yang ketiga kalinya dalam beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 2018 lalu Hundai telah menarik 88.000 unit Hyundai Azera dan Hyundai Sonata, juga karena korsleting kelistrikan. Sementara, awal tahun ini, anak perusahaan Hyundai – yakni Kia Motor Corporation – me-recall 229.000 unit Kia Sorento dan Kia Sedona, yang juga gegara korsleting modul kelistrikan ABS.

Hyundai Sonata model tahun 2018 – dok.Edmunds.com

Hyundai menegaskan, dalam dua kasus sebelumnya, modul kelistrikan ABS berasal dari pemasok yang berbeda dari modul kelistrikan ABS yang saat ini juga mengalami korsleting. Sehingga, kemungkinan penyebab terjadinya cacat pada produk tersebut juga berbeda. (Fan/Ara)

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

You may also like

More From: MANUFAKTUR

DON'T MISS