Pasar Diprediksi Tumbuh 30%, Emtek Rambah Bisnis Logistik – Portal Industri Otomotif Indonesia News, Manufaktur, & Gaya Hidup Terkini


Pasar Diprediksi Tumbuh 30%, Emtek Rambah Bisnis Logistik

Pasar Diprediksi Tumbuh 30%, Emtek Rambah Bisnis Logistik

Ilustrasi, bisnis angkutan logistik – dok.Mime Asia

Jakarta, Motoris – PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) masuk ke bisnis sektor logistik melalui pendanaan seri B kepada startup di bidang logistik Waresix. Perusahaan rintisan yang berdiri sejak tahun 2018 itu mendapatkan suntikan dana senilai US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,49 triliun dari sejumlah perusahaan.

Seperti disebut dalam keterangan resmi Waresix yang dirilis di Jakarta, Kamis (10/9/2020), selain Emtek, sejumlah investor lain seperti EV Growth, Jungle Venture, SoftBank Ventures Asia, Pavilion Capital, dan Redbadge Pacific juga terlibat di pendanaan senilai US$ 100 juta itu.

“Dana segar yang diperoleh dari putaran pendanaan seri B ini akan digunakan untuk pengembangan infrastruktur dan teknologi logistik. Selain itu, untuk memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) dan memperluas pasar,” papar Chief Executive Officer Waresix, Andree Susanto.

Selain itu, kata Chief Financial Officer Waresix, Edwin Wibowo, dengan kucuran dana baru ini Waresix akan lebih banyak menyediakan solusi atas berbagai permasalahan riil di lapangan. Oleh karena itu, Waresix ingin memperkuat teknologi.

Truk angkutan logistik Waresix – dok.Istimewa

“Dalam dua tahun terakhir, kami telah membuktikan bidang itu,” ujar dia.

Sektor logistik di Indonesia diperkirakan masih akan terus berkembang. Saat ini berbagai prediksi yang dirilis lembaga dunia menyebut, bisnis logistik di Tanah Air saat ini bernilai US$ 240 miliar arau sekitar Rp 3.590 triliun (kurs US$ 1 = Rp 14.960).

Menanjaknya perkembangan bisnis ini juga dipicu oleh pertumbuhan bisnis e-commerce. Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) menyebut pengiriman barang dari e-commerce saat ini berkontribusi 50%. Asosiasi memperkirakan tahun ini bisnis logistik nasional tumbuh 30%. (Fer/Ara)

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

You may also like

More From: INDUSTRI

DON'T MISS