Mercedes-Benz Intouro, Bus Pertama Berfitur Rem Darurat Otomatis – Portal Industri Otomotif Indonesia News, Manufaktur, & Gaya Hidup Terkini


Mercedes-Benz Intouro, Bus Pertama Berfitur Rem Darurat Otomatis

Mercedes-Benz Intouro, Bus Pertama Berfitur Rem Darurat Otomatis

Bus Mercedes-Benz Intouro – dok.Istimewa

Stuttgart, Motoris – Setelah pada Mei lalu menyematkannya di truk Mercedes-Benz Actros, kini Daimler AG menanam fitur pengereman darurat otomatis di bus terbarunya Mercedes-Benz Intouro. Walhasil, bus ini menjadi bus pertama di jajaran Mercedes-Benz yang dilengkapi teknologi itu.

Pernyataan resmi pabrikan yang dilansir laman resmi Daimler Media dan The Green Car Congress, Senin (14/9/2020) menyebut penggunaan teknologi ini merupakan salah satu cara untuk menghindari kecelakaan yang dikarenakan pejalan kaki atau pesepeda di jalan raya. Sistem pengereman otomatis yang dinamai Active Brake Assist 5 ini akan menghentikan laju bus sepenuhnya ketika ada pejalan kaki yang tak sengaja melintas,

“Mercedes-Benz Intouro merupakan bus pertama yang menggunakan sistem bantuan pengereman darurat unik Active Brake Assist 5. Dan ini merupakan tonggak sejarah dalam evolusi teknologi keselamatan berkendara. Sistem akan menghentikan bus secara penuh ketika ada pejalan kaki atau kendaraan lain melintas,” bunyi pernyataan Daimler.

Sebelumnya, Daimler juga menyematkan firur Active Brake Assist 5 dan Sideguard pada Truck Mercedes-Benz Actros – dok.Daimler Global Media Site

Namun, peranti itu ditawarkan sebagai opsional. Selain sistem ini Mercedes-Benz Intouro juga dilengkapi fitur Sideguard Assist, yakni sebuah sistem teknologi yang berfungsi memberi pengemudi ketika akan membelokkan bus, dengan medeteksi pejalan kaki. Sistem yang bekerja dengan bantuan radar ini akan memberi peringkatan ketika radar menangkap ada obyek bergerak seperti pejalan kaki atau pengendara sepeda, bahkan benda yang tidak bergerak.

Daimler mengklaim, dengan dua fitur ini maka Mercedes-Benz Intouro memiliki tingkat keamanan yang belum pernah ada sebelumnya untuk bus. Intouro dapat dipalikasikan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari bus sekolah, bus kota, hingga bus antar kota maupun pariwisata.

Bus Mercedes-Benz Intouro terbaru juga diberi fitur sideguard – dok.Daimler Media

Dia juga diklaim memiliki aerodinamika yang lebih baik. Bobotnya juga lebih ringan penghematan bahan bakarnya lebih baik – meski tergantung cara pengoperasian kendaraan – namun, rata-rata konsumsi bahan bakarnya lebih irit 3% dibanding bus-bus varian lain. (Fer/Ara)

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

You may also like

More From: NEWS

DON'T MISS