Ini Fitur Wuling Cortez CT Tipe L Pencegah Efektif Celaka Berkendara – Portal Industri Otomotif Indonesia News, Manufaktur, & Gaya Hidup Terkini


Ini Fitur Wuling Cortez CT Tipe L Pencegah Efektif Celaka Berkendara

Ini Fitur Wuling Cortez CT Tipe L Pencegah Efektif Celaka Berkendara

Fitur keamanan atau keselamatan berkendara di Wuling Cortez CT Tipe L, bukan sekadar lengkap tetapi memiliki kuaitas yang mumpuni – dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Wuling Cortez CT Tipe L (Luxurious) adalah MPV yang sarat dengan fitur – kenyamanan dan keamanan berkendara – berteknologi terkini, sehingga membuatnya istimewa. Terlebih, sederet fitur tersebut bukan sekadar ada, tetapi benar-benar memiliki fungsi dan arti penting bagi pengemudi maupun penumpang mobil.

Keistimewaan itu semakin lengkap berkat kehadiran tiga fitur – yang barangkali terlihat umum – namun memiliki kegunaan yang sangat besar bagi pengemudi mobil. Ketiganya adalah Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Emergency Stop Signal (ESS), serta Fatigue Driving Warning (FDW).

Mari, kita lihat satu persatu dari ketiganya dalam realitas sehari-hari. Data dan fakta yang diungkap Korps Lalu-lintas (Korlantas) Polri menunjukkan, hingga pertengahan 2020 ini, 20 – 25% kasus kecelakaan lalu-lintas di jalan tol disebabkan oleh pecahnya ban kendaraan.

Sementara, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebut 80% dari kasus pecah ban yang terjadi di Indonesia dikarenakan kurangnya tekanan angin ban. Jika ban tiba-tiba pecah saat kendaraan melaju kencang, maka laju akan sulit dikendalikan.

Oleh karena itu, kehadiran fitur TPMS di Wuling Cortez CT Tipe L, merupakan jawab atas persoalan seperti itu. Fakta itu seklaigus menjadi bukti betapa MPV medium ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Wuling Cortez CT Tipe L, MPV medium dengan fitur lengkap yang mumpuni tetapi harganya tetap membumi alias terjangkau – dok.Istimewa

Kedua, soal tabrakan, khususnya yang terjadi karena tabrak dari belakang. Kejadian seperti ini, menurut catatan Korlantas tak hanya terjadi di jalan tol saja, tetapi juga di jalan non tol.

Penyebabnya, karena pengemudi kendaraan yang berada di depan lalai tak memberi lampu sinyal atau memang fitur tersebut di kendaraan mereka tak berfungsi. Sehingga, kehadiran ESS di Wuling Cortez CT Tipe L menjadi sebuah kepastian, bahwa mobil ini telah mengantisipasi potensi-potensi celaka seperti itu.

Karena, pada saat pengemudi melakukan rem mendadak, sinyal lampu hazard akan secara otomatis berkedip dengan cepat, Sehingga memberikan peringatan kepada pengemudi kendaraan di belakangnya untuk melakukan langkah antisipasi, dan tabrakan pun bisa dihindarkan.

Wuling Cortez CT Tipe L terbaru dibekali mesin yang sama dengan mesin yang diusung SUV Wuling Almaz, yaitu mesin bensin 1.5 liter turbo – dok.Istimewa

Ketiga, fitur FDW di Wuling Cortez CT Tipe L, terbukti menjadi langkah antisipasi atas potensi kecelakaan yang diakibatkan oleh pengemudi yang kelelahan atau mengantuk. Lagi-lagi, data KNKT menyebut, faktor kelelahan dan mengantuk merupakan penyebab terbanyak dari kasus kecelakaan.

Jika faktor pecah ban menjadi 20% – 25% penyebab kecelakaan yang terjadi selama ini, maka mengantuk dan kelelehan menyebabkan 60% -70% kecelakaan. Oleh karena itu, kalau kita lihat di jalan tol maupun jalan non tol dengan ruas yang panjang kerap kita temui peringatan “Jika Mengantuk atau Lelah” untuk segera beristirahat.

Namun, pengemudi Wuling Cortez CT Tipe L tak perlu menunggu melihat peringatan itu. Sebab, dengan fitur FDW, sistem pada mobil ini akan menampilkan informasi lama waktu berkendara aman sesuai pengaturan yang ditentukan pengemudi. Selain itu alarm akan berbunyi untuk memperingatkan jika pengemudi telah melewati lama waktu tersebut untuk segera beristirahat guna menghindari kelelahan.

Wuling Cortez CT Tipe L terbaru – dok.Istimewa

Dengan ketiga fitur itulah, Wuling Cortez CT Tipe L memiliki keistimewaan yang lebih. Sebab, MPV bermesin bensin empat silinder 1.5 liter ini tak hanya memiliki segudang fitur penunjang kenyamanan – dan tentu saja kemewahan – dan keamanan, ternyata juga memberi jawaban atas kebutuhan untuk mengantisipasi penyebab kecelakaan yang kerap terjadi, namun sering diabaikan orang. (Fan/Ara)

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

You may also like

More From: MOBIL

DON'T MISS