Hingga Mei, Produksi Mobil di Thailand dan RI Sama-sama Ambyar – Portal Industri Otomotif Indonesia News, Manufaktur, & Gaya Hidup Terkini


Hingga Mei, Produksi Mobil di Thailand dan RI Sama-sama Ambyar

Hingga Mei, Produksi Mobil di Thailand dan RI Sama-sama Ambyar

Ilustrasi, kegiatan produksi mobil di Thailand – dok.Istimewa via Thailand News Today

Jakarta, Motoris – Thailand dan Indonesia yang merupakan dua negara utama pasar dan sekaligus produsen terbesar kendaraan bermotor roda empat atau lebih, tak luput dari dampak sengatan wabah virus corona (Covid-19). Tak hanya penjualan dan ekspor saja yang remuk, tetapi jumlah produksi dua negara ini juga sama-sama ambyar.

Laporan Federasi Industri Otomotif Thailand (FTI) seperti dilansir Bangkok Post belum lama ini menyebut, di rentang Januari hingga Mei lalu, total produksi kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Negeri Gajah Putih itu hanya 534.428 unit. Jumlah ini ambrol 40,2% dibanding kurun waktu yang sama tahun 2019.

Sepanjang periode itu, ekspor kendaraan yang dibukukan seluruh merek yang beroperasi di negara itu hanya 893.067 unit. Jumlah ini ambrol 35% dibanding ekspor pada periode sama tahun 2019.

Ilustrasi, pameran otomotif di Thailand- dok.Istimewa via Autowise

“FTI akan terus memonitor secara cermat gelombang kedua wabah Covid-19 yang kami khawatirkan dapat membahayakan industri. Pandemi (Covid-19) ini menjadi faktor utama penyebab nilai ekspor mobil melorot menjadi 233,85 miliar baht sepanjang Januari – Mei, ekspor merosot 35%,” papar Juru Bicara FTI, Surapong Paisitpatanapong.

Sementara, di Indonesia – seperti terlihat dari data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) – jumlah produksi kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Tanah Air di lima bulan pertama itu hanya 352.571 unit. Jumlah itu ambles 32,8% dibanding rentang waktu sama tahun 2019 yang masih sebanyak 524.697 unit.

Ilustrasi, proses produksi mobil di pabrik TMMIN – dok.TMMIN

Masih menurut data Gaikindo, ekspor mobil dalam wujud utuh (CBU) di sepanjang Januari – Mei itu, tercatat sebanyak 95.387 unit. Jumlah ini ambles 19,9% dibanding periode sama tahun lalu yang sebanyak 119.125 unit. (Fer/Ara)

 

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

You may also like

More From: MANUFAKTUR

DON'T MISS