Hak Paten Sudah Dikantongi, Honda Super Cub Listrik Segera Datang? – Portal Industri Otomotif Indonesia News, Manufaktur, & Gaya Hidup Terkini


Hak Paten Sudah Dikantongi, Honda Super Cub Listrik Segera Datang?

Hak Paten Sudah Dikantongi, Honda Super Cub Listrik Segera Datang?

Konsep Honda Super Cub Listrik – dok.Istimewa via Electrek

California, Motoris – Setelah memperkenalkan prototipe motor bebek Honda Super Cub listrik Super Cub di hajatan Tokyo Motor Show 2009 (dan konsepnya diperlihatkan pada tahun 2015), kini kemungkinan hadirnya motor ikonik tersebut dalam versi bersumber tenaga dari setrum bukan hal yang mustahil. Bahkan, sepekan yang lalu, Honda Motor di Amerika Serikat memperlihatkan gambar versi siap produksi yang dipatenkan di Amerika Serikat.

Seperti dilaporkan laman Electrek dan RideApart, Jumat (31/7/2020), sejatinya gambar paten Super Cub listrik itu sudah pernah beredar pada tahun 2018 lalu. Namun, benar-benar resmi dipublikasikan ke umum pada 23 Juli lalu, meski tak disebut secara tegas bahwa sosok yang ada gambar itu merupakan Honda Super Cub.

Kendati begitu dari tampilannya, terlihat jelas sosok itu merupakan motor bebek legendaris dari pabrikan berlambang saya mengepak itu. “Paten tersebut berjudul Struktur Penempatan Baterai untuk Kendaraan Bersumber daya dari Listrik,” tulis Green Report.

Gambar sepeda motor bebek listrik Honda yang dipatenkan di Amerika Serikat – dok.Istimewa via Electrek

Gambar untuk hak paten itu menunjukkan sepeda motor listrik roda dua dengan baterai berukuran besar (untuk ukuran kendaraan roda dua) yang ditempatkan di bagian tengah rangka. Selain itu dari urutan-urutan nomor – di gambar tersebut – terlihat metode bagaimana penempatan dan metode untuk melepaskan baterai itu.

Jika disimak, urutan nomor itu menuntun proses untuk melepasnya, yakni cukup dengan memiringkan kotak baterai ke samping melalui pengenduran baut di bagian samping. Setelah itu dengan menarik bagian atas baterai, penyimpan arus daya setrum itu bisa dengan mudah dikeluarkan dari kotak tempatnya berada, untuk kemudian dicas.

Hanya, kapan Super Cub 125 versi listrik itu bakal diproduksi dan dijual hingga kini masih misteri. Honda, belum memberi keterangan apapun selain menyebut telah mendaftarkannya ke Kantor Paten Merek Dagang Amerika Serikat.

Keterangan cara melepas baterai di Honda Super Cub listrik – dok.Istimewa via Electrek10

“Meski setelah memperlihatkan prototipenya pada tahun 2009, kabar soal motor bebek listrik  itu hening tak terdengar, namun pendaftaran paten ini (motor bebek listrik) itu menunjukkan, proses pengembangan terus berjalan,” tulis Electrek. (Fer/Ara)

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

You may also like

More From: MANUFAKTUR

DON'T MISS