Geser Toyota, Tesla Jadi Perusahaan Otomotif Bernilai Tertinggi – Portal Industri Otomotif Indonesia News, Manufaktur, & Gaya Hidup Terkini


Didongkrak Model 3, Penjualan Mobil Listrik Tesla Terbanyak di Dunia

Geser Toyota, Tesla Jadi Perusahaan Otomotif Bernilai Tertinggi

Ilustrasi, Tesla Model 3, saah satu produk mobil listrik buatan pabrikan asal Amerika Serikat, Tesla Inc, yang paling laris – dok.Istimewa

New York, Motoris – Tesla mengambil alih posisi Toyota sebagai perusahaan paling bernilai atau bernilai tertinggi di dunia di jajaran pabrikan otomotif. Ini diketahui setelah pada perdagangan saham pada Rabu (1/7/2020) saham Tesla menapak harga tertinggi.

Seperti dilaporkan BBC dan Reuters, Kamis (2/7/2020), harga saham Tesla sempat menyentuh US$ 1.134 per lembar. Sehingga, valuasi pasar perusahaan itu mencapai US$ 209,47 miliar atau sekitar Rp 2.974 triliun ( dengan kurs US$1 = Rp 14.200).

Nilai tersebut lebih banyak US$ 6 miliar dibanding valuasi pasar Toyota yang ada saat ini. Sementara jika dilihat dari kenaikan harga per lembar, saham Tesla pada sesi perdagangan itu naik 5% saat perdagangan pagi, dengan nominal US$ 1.133 per lembar.

Sementara, jika dibanding valuasi pasar gabungan antara General Motors dengan Ford Motors Company, nilai Tesla saat ini lebih tinggi tiga kali lipat.

Elon Musk, Bos dan pendiri Tesla Inc-dok.Istimewa via Business Insider

“Kenaikan meteorik nilai saham yang naik lebih dari 163% sejak awal 2020, ini dikarenakan meningkatnya kepercayaan di kalangan investor tentang masa depan kendaraan listrik dan pergeseran Tesla dari produsen mobil niche menjadi pemimpin global dalam mobil secara umum yang lebih bersih terhadap lingkungan,” tulis Reuters.

Setelah beberapa tahun mengalami kerugian, pabrikan mobil listrik besutan Elon Musk ini membukukan keuntungan sejak kuartal ketiga tahun 2019. Bahkan selama kuartal pertama tahun 2020 ini mengejutkan investor karena pengiriman unit pesanan pembeli mengalir lancar dengan derasnya.

Kendati begitu, dalam hal penjualan, Toyota masih jauh lebih banyak dibanding Tesla. Pabarikan asal Jepang itu sepanjang tahun fiskal 2019/2020 yang berakhir 31 Maret lalu membukukan penjualan sebanyak 10,46 juta unit.

Ilustrasi, Tesla Model 5 di Cina – dok.The Detroit Bureau

Pada tahun fiskal itu juga,  Toyota mengantongi pendapatan bersih sebesar US$ 30.226 miliar yen atau sekitar US$ 281,20 miliar atau sekitar Rp 3.993 triliun. (Fat/Ara)

 

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

You may also like

More From: MANUFAKTUR

DON'T MISS