Fitur Lengkap nan Mumpuni, Harga Membumi – Portal Industri Otomotif Indonesia News, Manufaktur, & Gaya Hidup Terkini


Wuling Cortez CT  Tipe L: Fitur Lengkap nan Mumpuni, Harga Membumi

Jakarta, Motoris – Meski baru hadir di Indonesia pada Juli 2017, namun Wuling – merek non Jepang – yang diageni PT SGWM Indonesia (Wuling Motors Indonesia), mampu berkiprah sejajar dengan merek-merek lain, khususnya dari Jepang. Tercatat, hingga Juli 2020, merek ini masih masuk dalam 10 besar merek mobil di Indonesia, dan menapak posisi ke-9 dengan total penjualan ritel 5.231 unit.

Keberhasilan Wuling bercokol di jajaran teratas merek mobil ini tak lepas dari kinerja penjualan model-model yang disajikan untuk konsumen di Indonesia. Salah satunya MPV medium Wuling Cortez.

Bicara soal Wuling Cortez ini, peran tipe tertingginya yakni Wuling Cortez CT Tipe L (Luxurious), tak bisa dinafikan dari perhatian. Maklum, tipe ini lah yang memberi kontribusi memantik minat konsumen dalam penjualan, bahkan menjadi idaman mereka. Maklum, tipe ini bertabur fitur terkini nan mumpuni, baik fitur penunjang kenyamanan maupun keselamatan berkendara.

Fitur ini selaras dengan keunggulan mesin yang disandangnya, yakni mesin bensin empat silinder 1.5 liter yang diimbuhi turbo. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga hingga 140 hp pada 5.200 rpm dengan torsi 250 Nm pada 1.600-3.600 rpm.

Wuling Cortez CT Tipe L terbaru dibekali mesin yang sama dengan mesin yang diusung SUV Wuling Almaz, yaitu mesin bensin 1.5 liter turbo – dok.Istimewa

“Mesin yang digunakannya merupakan mesin yang sama dengan yang disang Wuling Almaz. Meski lebih efisien, tetapi powerfull. Dan ini membuat Cortez lebih luwes ketikan diajak berkendara di perkotaan maupun luar kota atau jarak jauh,” papar Product Planning Wuling Motors Indonesia, Danang Wiratmoko saat ditemui di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Sederet fitur terkini di Wuling Cortez CT Tipe L antara lain lampu utama projector yang sumber pencahayaannya telah menggunakan LED. “Sedangkan fitur sunroof, kemudian Multi Information Display (MID) 7 inci yang sudah full colour, memberinya kesan mewah. Ini salah satu dari sekian banyak fiur baik kenyamanan maupun keamanan yang disajikan Wuling Motor di MPV ini. Dan fitur-fitur ini, secara fungsi sangat penting,” ujar Danang.

Dipenuhi fitur keamanan mumpuni
Jika kita cermati dari fakta rill yang ada di mobil, apa yang dikatakan Danang memang benar adanya. Sebut sebagai contoh fitur Electronic Stability Control (ESC). Fitur ini berfungsi untuk menjaga kestabilan berkendara secara otomatis ketika adanya indikasi pengemudi mengalami kehilangan kendali atau ketika lintasan kendaraan tidak sesuai dengan steering input yang diinginkan pengemudi misalnya ovesteer atau understeer.

Kemudian, Automatic Vehicle Holding (AVH), Fitur pengereman otomatis untuk menjaga mobil tetap berhenti dalam kondisi jalan yang menanjak. Atau saat mobil meluntasi jalan menurun ataupun datar tanpa harus menahan pedal rem secara manual.

Seluruh roda Wuling Cortez CT Tipe L juga dilengkapi dengan rem cakram, sehingga memiliki tingkat efisiensi dan efektifitas pengereman yang tinggi. Sementara, Emergency Stop Signal (ESS) akan memberikan keamanan di saat pengemudi melakukan rem mendadak.
Pasalnya, sinyal lampu hazard akan secara otomatis berkedip dengan cepat. Walhasil, memberikan peringatan kepada pengemudi kendaraan di belakangnya untuk mengurangi risiko tabrakan.

Fitur keamanan atau keselamatan berkendara di Wuling Cortez CT Tipe L, bukan sekadar lengkap tetapi memiliki kuaitas yang mumpuni – dok.Istimewa

Tipe ini juga dilengkapi kantung udara yang terdapat pada sisi samping baris pertama (side airbags). Peranti ini tentu semakin melengkapi perlindungan atas pemakaian sabuk pengaman pada pengemudi dan penumpang depan.

Wuling juga memberinya fitur All Seats Safety Belt Indicator. Tanda peringatan sabuk pengaman pada bagian pengemudi dan penumpang depan, baris kedua, bahkan di baris ketiga karena lampu indikator akan menyala ketika seatbelt tidak dikenakan saat berkendara.

Fitur lain yang tak kalah canngih adalah 2-Points Front Parking Sensor, dimana bumper depan memiliki 2 buah sonar untuk melakukan pendeteksian jarak antara obyek luar dengan area depan kendaraan.

Pengingat kelelahan dan tekanan angin ban
Wuling ternyata sangat jeli melihat fakta faktor krusial yang menjadi penyebab kecelakaan terbanyak selama ini. Lantaran itulah, pabrikan ini juga menyajikan fitur Fatigue Driving Warning di Cortez CT Tipe L tersebut. “Fitur ini akan menampilkan informasi lama waktu berkendara aman sesuai pengaturan yang ditentukan pengemudi serta alarm untuk memperingatkan jika pengemudi telah melewati lama waktu tersebut untuk menghindari kelelahan,” bunyi penjelasan Wuling Motors Indonesia.

Tentu, peringatan kepada pengemudi yang kelelahan merupakan aspek penting dalam keselamatan berkendara. Sebab, fakta berbicara, penyebab kecelakaan yang terbanyak di Indonesia hingga saat ini adalah kelelahan yang berujung mengantuk.

Dan kedua, karena pecah ban akibat bebeberapa sebab, yang salah satunya adalah tekanan angina ban yang kurang atau terlalu berlebih dari standar. Tetapi, lagi-lagi persoalan ini dijawab oleh Wuling, dengan menyematkan fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang berfungsi Tampilan tekanan angin ban dalam satuan Bar dapat dipantau pada layar MID. Sistem akan berkedip jika tekanan ban tidak sesuai yakni jika tekanan terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Ini merupakan bukti betapa Wuling sangat memperhatikan aspek-aspek yang sangat penting dalam keselamatan berkendara. Terlebih juga masih menambahkan sederet fitur yang sangat menunjang keselamatan dan keamanan berkendara.

Wuling Cortez CT Tipe L, MPV medium dengan fitur lengkap yang mumpuni tetapi harganya tetap membumi alias terjangkau – dok.Istimewa

Cortez CT Tipe L juga memiliki dual airbags, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Sabuk pengaman yang tersedia hingga baris ketiga, ISOFIX yang berfungsi untuk mengamankan kursi anak tambahan dalam kendaraan, tersedia pada baris kedua. Tal lupa, Auto door lock by Speed, Hill Hold Control (HHC), Traction Control System (TCS) hingga Rear Parking Camera.

Dengan serangkaian suguhan fitur keamanan dan kenyamanan plus kemewahan yang disajikan, rasanya sangat masuk akal atau bahkan untung jika harus menebus Cortez CT Type L T Lux+ CVT dengan Rp 290 juta (on the road Jakarta). Untuk MPV sekelas dengan fitur yang selengkap itu, banderol ini masih membumi alias terjangkau. (Fer/Ara)

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

You may also like

More From: MOBIL

DON'T MISS