Ducati Gelontorkan Tiga Varian Sepeda Lipat Listrik ke Pasar – Portal Industri Otomotif Indonesia News, Manufaktur, & Gaya Hidup Terkini


Ducati Gelontorkan Tiga Varian Sepeda Lipat Listrik ke Pasar

Ducati Gelontorkan Tiga Varian Sepeda Lipat Listrik ke Pasar

Ducati Urban E, sepeda lipat Ducati bertenaga listrik -dok.Ducati

Bologna, Motoris – Pabrikan sepeda motor asal Bologna, Italia – Ducati – benar-benar mengikuti tren yang tengah mewabah di dunia, yakni hobi baru masyarakat untuk bersepeda. Terbukti, setelah melunbicurkan sepeda gunung (mountain bike) dan skuter listrik (urban e-bike), kini pabrikan yang berkantor pusat di Borgo Panigale itu memperkenalkan sepeda lipat listrik.

Tak tanggung-tanggung. Seperti dilaporkan laman NewAtlas dan Stuff Magazine, Sabtu (1/8/2020), Ducati bukan meluncurkan satu varian, tetapi tiga varian sekaligus sepeda lipat listrik tersebut.

Ketiganya adalah, Ducati Urban-E, Ducati Scrambler SCR-E, dan Ducati Scrambler SCR-E Sport. Dari namanya, varian ketiga merupakan varian yang diperuntukkan bagi mode berkendara ala sport, sehingga fitur-fitur pendukungnya juga disesuakan dengan mode pengendaraan seperti itu.

Begitu pula dengan varian kedua, yang menyandang nama Scrambler seperti salah satu model motor Ducati yang hingga kini kondang di berbagai belahan dunia, dan salah satu tipenya mengusung baterai yang ditemaptkan secara vertikal di bawah sadel. Ban model radial dan teresan berukuran lebih gede dibanding varian lain, plus saputan kelir kuning berpadu hitam, menjadi ciri khasnya.

Tampilan depan Ducati E-Urban – dok.Ducati

“Namun, dari ketiga varian itu, varian Urban-E merupakan varian yang paling bergaya. Iniberkat masukan dari kelompok Giugiaro Italdesign yang terkenal itu )untuk memberikan sentuhan desain khusus),” tulis New Atlas.

Sepeda lipat listrik Ducati ini menggunakan rangka dari bahan aluminium yang dirancang secara khusus oleh pabrikan kondang Centro Stile, yang tak lain adalah anak perusahaan Ducati. Sederet fitur yang disematkan pada varian tersebut terbilang premium.

Di antara fitur itu adalah, kampu penerangan LED depan dan belakang yang terintegrasi yang beroperasi bersamaan dengan cukup menekan simbol sensor di layar pada panel instrumen. Layar LCD yang diletakkan di batang setang berisi berbagai informasu.

Sedangkan bodi dan garpu suspensi menggunakan lapisan Kevlar. Sedangkan ban berukura 20 x 4-inci besutan Kenda (pabrikan ban asal Taiwan yang kondang ke berbagai belahan dunia).

Sepeda liat listrik Ducati bergaya Scrambler – dok.Moto.it

Selain digowes, sesuai dengan namanya e-bike, sepeda ini juga dilengkapi motor listrik berbaterai ion lithium 378-Wh. Motor plus bateri itu diitegarsikan pada bagian rangka tengah sehingga melengkung ke atas.

Sementara varian SCR-E menggunakan ban yang sama yakni ban Kenda berukuran 20 x 4 inci, garpu suspensi, lampu belakang LED yang terintegrasi di sadel dengan pengoperasian secara otomatis dengan menekan “sensor twilight” di layar LCD.

Ducati menyebut jika baterai motor listriknya yang berdaya 374,4-Wh terisi penuh, maka bisa membawa sepeda menempuh jarak hingga 70 kilometer. Hanya, tak disebut berapa jam untuk mengecas daya hingga penuh.

Adapun varian Ducati Scrambler SCR-E Sport menggunakan dual suspensi. Ia bannya menggunakan ban jalan raya yang berpermukaan lebih licin. Baterainya yang berdaya 468-Wh diklaim mampu membawa sepeda hingga jarak 80 kilometer tanpa henti.

Sepeda lipat listrik Ducati SCR-E Sport – dok.Electrek

Varian SCR-E dan SCR-E Sport telah mulai dijual bulan Juli lalu, dan di Italia melalui diler Ducati atau melalui perusahaan MT Distribution. Sedangkan varian Urban-E mulai dilego bulan Oktober nanti. (Ril/Ara)

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

You may also like

More From: MANUFAKTUR

DON'T MISS